Pengertian, Fungsi Serta Jenis Cartridge Printer yang Penting Untuk DIketahui

Pengertian, Fungsi Serta Jenis Cartridge Printer yang Penting Untuk DIketahui

Jenis cartridge printer memang sangat beragam, fungsi dari cartridge sendiri adalah sebagai alat pencetak, baik itu mencetak gambar, dokumen, spanduk dan beragam hasil cetak lainnya. Hingga saat ini telah banyak sekali jenis jenis dari  catridge printer demi menunjang kebutuhan akan melakukan printing. Tentu catridge printer menjadi kebutuhan pokok saat ini, karena hampir di setiap elemen kegiatan baik perkantoran, sekolah, dan umum, seluruhnya membutuhkan printer.

Apa Itu Catridge Printer

Dalam pengertiannya, cartridge printer merupakan sebuah alat atau komponen yang terdapat dalam sebuah mesin printer. Fungsinya adalah sebagai alat pencetak, baik itu media bergambar, dokumen tulis, maupun spanduk atau banner. Era 2020 saat ini, jenis cartridge printer juga memiliki beragam jenis dan variasi.

Catridge printer memang sebuah alat yang membutuhkan biaya besar jika mengalami kerusakan. Sehingga dalam penggunaannya harus benar-benar secara hati-hati, jika tinta didalamnya baik warna maupun hitamnya habis, maka langkah antisipatif yang benar adalah dengan mengisi ulang kembali tinta tersebut.

Fungsi Catridge Printer

Berlandaskan pengertian dari cartridge printer tersebut, maka bisa diketahui bahwa fungsi dari cartridge sendiri adalah sebagai alat pencetak. Cartridge nantinya akan menampung tinta, dan kemudian alat ini akan mengirim atau menyalurkan catridge tinta tersebut ke dalam head printer. Setelah masuk ke dalam head maka proses percetakan pun akan terjadi.

Catridge printer juga menjadi salah satu komponen utama atau komponen terpenting dalam sebuah mesin cetak. Penerapannya alat ini bisa dilepaskan maupun dipasang sesuai kebutuhan. Dalam praktiknya, cartridge printer berperan sebagai wadah penampung tinta. Baik itu tinta hitam maupun tinta warna. Sehingga saat mencetak, nantinya tinta akan keluar dari cartridge.

Yang harus diketahui adalah, setiap jenis cartridge printer memiliki jenis beragam. Setiap brand pasti mempunya jenis serta tata lokasi yang berbeda-beda. Contohnya adalah epson, canon dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Catridge Printer

Dalam pembagian sesuai jenisnya, maka diketahui bahwa cartridge printer dibagi kedalam beberapa kategori. Setidaknya terdapat empat kategori catridge printer. Yaitu berdasarkan pembuatannya, penggunaannya, manufakturnya dan yang terakhir berdasarkan pembaruannya.

1.Catridge dengan Kategori Pembuatan

Kategori pertama adalah catridge sesuai dengan pembuatannya. Ada setidaknya tiga macam cartridge yang sesuai dengan kategori pembuatannya. Jenis catridge ini adalah sesuai dengan pembuatannya. Ada setidaknya 3 jenis cartridge printer sesuai dengan proses pembuatannya yaitu catridge tinta asli, remanufactured dan catridge tinta kompatibel.

  • Cartridge tinta asli: Cartridge tinta yang satu ini merupakan cartridge keluaran perusahaan. Biasanya harganya relatif cukup mahal dibanding cartridge pasaran. Catridge yang satu ini merupakan milik sebuah perusahaan printer. Untuk kualitasnya jangan diragukan lagi, karena pada dasarnya catridge printer bawaan perusahaan merupakan barang ori.

  • Remanufactured Cartridge: Catridge jenis ini merupakan cartridge yang kembali di remake. Dengan kata lain jenis cartridge printer ini merupakan catridge hasil daur ulang. Untuk harga memang lebih terjangkau dibandingkan dengan catridge ori. Biasanya pemakai dari catridge jenis ini adalah mahasiswa atau pelajar. Untuk  kualitasnya tidak kalah bagus dengan cartridge ori, namun yang berbeda adalah masa penggunaannya.

  • Compatible Cartridge: Yang ketiga adalah catridge compatible. Jenis cartridge yang satu ini adalah salah satu catridge yang menjadi model catridge all varian. Jadi catridge model ini bisa dipakai untuk seluruh kebutuhan printer tanpa harus khawatir cocok atau tidaknya.

Untuk jenis yang satu ini selalu ramai peminat karena fungsinya yang hampir seragam untuk seluruh kebutuhan printer.

2. Catridge Printer Sesuai Penggunaan

Berikutnya adalah kategori printer yang berdasarkan penggunaan. Umumnya terdapat 2 jenis catridge, untuk yang kategori yang satu ini jenisnya dibedakan berdasarkan penggunaannya. Kedua macam cartridge tersebut adalah catridge tinta atau RGB, lalu ada cartridge toner.

  • Cartridge Tinta atau Warna (RGB): Sebuah cartridge tinta baik hitam maupun saran merupakan cartridge yang digunakan dalam pencetakan inkjet. Catridge yang satu ini wajib ada dalam sebuah mesin printer yang memiliki kegunaan utama dalam mencetak percetakan warna.

  • Toner Cartridge: Selanjutnya adalah catridge toner. Untuk jenis cartridge printer yang satu ini dapat ditemukan pada pencetakan atau printer yang memiliki kegunaan dalam mencetak laser. Sehingga cartridge  yang satu ini hanya dikhususkan untuk keperluan tinta inkjet atau tinta laser.

3. Cartridge Berdasarkan Manufaktur

Yang ketiga adalah kategori berdasarkan manufaktur. Setidaknya terdapat dua jenis penggolongan untuk jenis tinta yang satu ini. Kedua jenis tersebut adalah OEM atau biasa disebut sebagai cartridge original dan Compatible New Cartridge.

  • OEM cartridge sendiri merupakan salah satu jenis catridge yang dikeluarkan langsung atau diproduksi langsung oleh manufaktur perusahaan printer tersebut. Untuk lebih detailnya bisa dilihat terdapat segel resmi pada permukaan cartridge tersebut. Untuk harga dari cartridge tersebut setidaknya dipasang harga dengan rata-rata file antara 0.25 – 2,5 % dari harga printer yang baru.

  • Compatible New Cartridge adalah salah satu jenis catridge yang merupakan produksi dari manufaktur pihak ketiga dari sebuah perusahaan yang cakupannya terlepas dari produksi OEM itu sendiri. Fungsi dan fiturnya sendiri sama persis dengan cartridge original. Yang membedakan adalah adanya teknologi smart chip pada OEM cartridge.

Intinya adalah semakin bagus manufaktur atau produsen printer tersebut, maka akan semakin bagus pula cartridge yang diproduksi. Hal tersebut juga berpengaruh pada persentase kesamaan OEMnya.

4. Catridge Printer Berdasarkan Pembaruan

Lalu kategori yang terakhir adalah jenis cartridge berdasarkan pembaruan. Untuk kategori ini setidaknya terdapat 3 jenis cartridge. Sesuai dengan namanya, pembaruan, maka jenis printer yang satu ini merupakan hasil recycling dari cartridge yang sebelum-sebelumnya.

  • Remanufactured Cartridge, untuk cartridge yang satu ini, merupakan hasil daur ulang dari cartridge original dengan menggunakan beberapa sparepart pengganti. Program daur ulang memang digalakkan oleh produsen printer guna menghindari sampah sisa pembuangan.

  • Recondition, lalu ada cartridge rekondisi, untuk cartridge yang satu ini adalah hasil recycle dari cartridge OEM. Namun perbedaannya adalah dalam jenis catridge ini terdapat proses cleaning yang harus dilewati untuk mengembalikan performa awal cartridge tersebut.

Beberapa cartridge tersebut hadir dengan kembalinya performa cartridge tersebut. Untuk kualitas memang tidak perlu diragukan, tetapi tetap saja terdapat perbedaan  yang cukup signifikan dengan cartridge yang asli.

  • Refill Cartridge, untuk cartridge yang satu ini merupakan cartridge yang merupakan hasil recycle. Namun perbedaannya adalah pada cartridge yang satu ini tidak terdapat penggantian spare part didalamnya. Memang prosesnya sangat cepat, namun acapkali didapati pengabaian pada kualitas yang dihasilkan.

Beberapa Jenis cartridge  printer tersebut adalah ragam cartridge yang sering digunakan, berdasarkan kategori yang ada. Untuk merk dan varian memang akan banyak yang dijumpai, namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan cartridge tersebut harus sesuai peruntukannya. Sehingga akan membuat catridge printer lebih awet.

Jenis cartridge printer diatas bisa menjadi preferensi untuk acuan dalam memilih jenis printer yang akan digunakan. Melihat pengertian serta jenisnya tentu dapat disimpulkan bahwa sebagai media untuk menyimpan media tinta yang penggunaannya dapat dipasang dan dilepas. Yang harus diingat adalah jenis media catridge tidak akan jauh dari media printer.

Sumber: Lagansa Tempat Jual Beli Cardridge Bekas