6 Brand Olahraga Indonesia yang Paling Terkenal? Kamu Familiar dengan yang Mana?

Menjadi penggemar olahraga, baik itu sepak bola, futsal atau olahraga yang lainnya pasti akan familiar dengan istilah apparel olahraga. Istilah ini sering dikaitkan dengan jersey  yang sering digunakan oleh pemain. Istilah ini juga sering digunakan untuk bisnis baju yang lain.

Namun, tetap saja jersey custom adalah hal yang paling melekat dengan istilah tersebut. Banyak brand olahraga indonesia terkenal yang memproduksi baju bola tersebut. Bahkan kini Indonesia pun telah berani memunculkan merek lokal yang tak kalah bagus kualitasnya.

Mengenal Lebih Dekat dengan Brand Olahraga Indonesia yang Jarang Diketahui

Brand Olahraga Indonesia
Gambar oleh Phillip Kofler dari Pixabay

Apakah ada jersey atau perlengkapan olahraga  buatan asli Indonesia?. Pastinya banyak yang belum tahu, karena sebagian besar familiar dengan merek luar negeri. Berikut adalah beberapa produk lokal yang tak kalah saing dengan produk luar negeri;

1. Specs

Sekilas dari namanya, mungkin terlihat seperti produk luar negeri. Nyatanya brand olahraga ini adalah asli buatan Indonesia. Brand ini mulai didirikan pada tahun 1994 di Jakarta. Walaupun kebanyakan produk brand ini adalah sepatu, jersey juga jadi produksi utama.

Disamping itu perlengkapan olahraga yang lainnya pun telah dihasilkan oleh brand lokal satu ini. Agar semakin dikenal dan familiar di masyarakat Indonesia, Specs sering mengontrak pemain ternama sebagai tombak promosi. Misalnya saja pemain Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura.

2. League

Jika sering melihat pertandingan sepak bola atau Liga 1 pasti sering melihat emblem League pada jersey custom yang dipakai oleh pemain. League sendiri adalah brand lokal yang berdiri pada tahun 2003. Sebelumnya banyak memproduksi sepatu Nike selama 12 tahun.

Berpengalaman dalam produk olahraga selama puluhan tahun, tak heran jika produknya tak kalah dengan produk luar negeri. Termasuk produk kostumnya. Dari segi harga, produk brand lokal ini terbilang bersahabat.

Namun, bukan berarti dengan harga yang terjangkau kualitasnya tidak bagus. Justru karena kualitasnya yang tidak diragukan banyak klub bola besar di Indonesia yang tak ragu memakai produk League. Hingga akhirnya produknya semakin banyak dikenal orang.

3. MBB

Jika produk baju bola sebelumnya berasal dari perusahaan atau brand olahraga terkenal, yang satu ini berbeda. Merupakan wujud kreativitaas para suporter Persikabo Bogor, terwujudlah kostum untuk klub kesayangan. Bahkan mereka telah memproduksi untuk klub luar negeri.

Untuk memperluas jaringan pemasaran produknya, para suporter ini tidak hanya terikat kerjasama dengan klub. MMB juga mengikat kerjasama dengan PSSI. Jadi, tidak heran apabila produk  mereka pun semakin dikenal luas hingga keluar negeri.

baca juga: 10 Arti Mimpi Buruk yang Sering Kita Alami

4. Sembada

Tidak berbeda jauh dengan MMB, Sembada juga terlahir dari kreativitas para suporter PSS Sleman. Berkeinginan membantu klub kesayangan dalam menyediakan jersey berkualitas, menjadi latar belakangnya. Hingga kini Sembada tetap eksis dan terus berprestasi.

Akan tetapi, produk jersey custom mereka untuk sementara hanya dibuat untuk klub PSS Sleman saja. Mereka pun memiliki keinginan untuk dapat membuat custom untuk klub lainnya layaknya MMB. Bahkan jika memungkin dapat bekerja sama dengan PSSI.

5. FAT

Pada awalnya FAT memulai usaha sebagai perusahaan yang memproduksi sarung tangan. Namun, semenjak tahun 2017 mulai merambah usaha pada bidang apparel. Selanjutnya melakukan banyak gebrakan dengan melakukan kerjasama dengan klub luar Indonesia.

Salah satu apparel dari FAT telah menjadi bagian dari liga Filipina, yaitu Mendiola FC. Mereka puas dengan hasil custom yang diproduksi oleh FAT. Bahkan disanjung sebagai apparel terbaik dari sejumlah apparel yang pernah dipakai, prestasi luar biasa.

6. Narrow

Jersey tidak hanya digunakan oleh pemain sepak bola saja. Para pemain futsal pun kerap menggunakan apparel lokal yang sama. Salah satu produk lokal yang digunakan berasal dari merek lokal Narrow.

Beberapa klub futsal lokal hingga luar negeri telah resmi menggandeng Narrow sebagai apparel kostum. Kualitasnya yang tidak diragukan membuat banyak pihak yang percaya pada merek lokal satu ini. Hingga melakukan kerjasama dan terus menggunakan produk Narrow.

Bagaimana? Sekarang semakin familiar bukan dengan brand olahraga asal Indonesia. Jersey yang mereka produksi tidak hanya untuk kalangan lokal saja, produknya kini telah mendunia. Hingga wajar jika Indonesia merasa bangga dengan hadirnya produk lokal tersebut.