Cara Main Domino Batu

Game domino batu ternyata menjadi salah satu permainan yang diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, permainan domino batu sudah biasa dilakukan saat hajatan dan ronda. Domino batu sangat familiar ditengah masyarakat minang yang menamakannya dengan permainan ‘Balak’. Agar dapat memenangkan permainan simak cara main domino batu.

Kini bermain domino batu dapat dilakukan melalui smartphone. Sehingga, tidak perlu bersusah payah membawa domino batu dan papan permainan. Cukup menggunakan smartphone, mendownload aplikasi di PlayStore, dan sambungan internet. 

Saat bermain secara online dapat mengajak teman melalui media sosial untuk bermain bersama. Domino batu merupakan permainan yang selalu dimainkan guna mengisi waktu luang sembari bersantai.

Versi tradisional dari domino batu tersebut sangat disukai masyarakat. Uniknya digadang-gadang sebagai permainan yang dapat mempererat tali silaturahmi. Dalam masyarakat mengakui bahwa tidak lengkap jika tidak bermain domino batu saat begadang. 

Apabila Anda ingin mencoba sensasi domino batu modern maka cobalah mendownload Domino99. Game satu ini menampilkan berbagai fitur menarik dan tampilan yang lebih interaktif.

domino99
Domino QiuQiu 2020 Domino 99 Gaple online

Pada dasarnya permainan domino berasal dari budaya Tiongkok. Namun, nama domino sendiri bukan berasal dari Tiongkok, melainkan dari Inggris. Sebab, dulu permainan domino populer dimainkan hingga ke benua Eropa.

Kartu domino memiliki ukuran kecil yaitu 3 cm × 5 cm. Masing-masing kartu domino menampilkan kombinasi dua angka yang terbagi dalam sisi kanan dan kiri. Jumlah angka di kedua sisi dapat dilihat dari titik-titik yang berwarna hitam atau merah.

Jadi, pada titik-titik sisi kanan dan kiri dapat berjumlah sama atau berbeda. Misalnya, titik yang berjumlah sama 0-0, 1-1, 2-2, 3-3, dan seterusnya. Kartu domino batu yang dinilai istimewa jika mempunyai nilai 0 pada sisi kanan dan kiri.

Baca juga: Slot Multi-Payline Online Terbaik 2020

Cara Main Domino Batu

Sebenarnya memainkan game domino batu dibutuhkan aturan permainan sederhana. Dimana setiap pemain cukup menyambungkan ujung dari susunan kartu domino dengan angka yang sama. 

Jika ada pemain yang tidak mempunyai domino dengan angka sama maka dapat melewati permainan. Biasanya dengan menyebutkan kata-kata “pass” dan dilanjutkan ke pemain selanjutnya tanpa harus mengeluarkan domino batu miliknya.

“Pass” atau melewati pemain tersebut dapat bertahan seterusnya hingga ditemukan kartu yang cocok. Pemain yang menghabiskan domino batu untuk pertama kali merupakan pemenang permainan. 

Pada dasarnya domino batu sama seperti permainan domino umumnya. Idealnya dalam satu permainan dilakukan oleh 2-4 orang. Apabila dimainkan oleh 4 orang dapat dilakukan secara individual dan tim. Jika dibagi menjadi 2 tim, maka masing-masing tim berjumlah 2 orang.

Dalam setiap tim ada yang bertugas sebagai mandan. Selain itu, ada juga peranan rekan untuk menghambat ruang gerak dari tim lawan. Pemain yang bertindak sebagai rekan memuluskan jalan mandan agar tim dapat memenangkan pertandingan.

Pada satu nomor domino batu biasanya terdiri dari 7 jumlah angka. Seperti 0-6, 1-6, 2-6, 3-6, 4-6, 5-6, dan 6-6. Pada permulaan permainan, masing-masing pemain akan memperoleh 4 buah domino batu. 

Pemain yang kemungkinan memperoleh kemenangan besar apabila memiliki jumlah angka yang bervariasi. Intinya selama melakukan permainan domino batu tidak hanya cepat dan cerdas.

Pemain domino batu juga dituntut lebih cekatan mengambil langkah dan dapat bekerjasama dalam tim. Meskipun permainan domino dinilai sepele, agar memenangkan pertandingan juga membutuhkan strategi. Salah satu strategi yang populer dilakukan pemain adalah menghitung kartu lawan dan kartu diatas papan.