Mengenal Definisi Dan Fungsi Terminal Blok Dalam Dunia Kelistrikan

Terminal Blok adalah salah satu komponen yang sangat sering digunakan dalam dunia kelistrikan. Namun hingga saat ini, masih sangat banyak orang awam yang belum mengetahui fungsi terminal blok ini.

Pada ulasan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai apa dan fungsi terminal blok ini secara jelas untuk anda yang belum mengetahuinya. Langsung saja, berikut pembahasan selengkapnya untuk anda.

Apa Itu Terminal Blok?

fungsi terminal blok
Sumber gambar: amazon.com

Berdasarkan definisi umumnya, terminal blok adalah suatu komponen yang dapat menghentikan arus listrik untuk sementara yang nanti dapat dihubungkan/disambungkan dengan komponen lain (outgoing).

Fungsi Terminal Blok

Melansir informasi dari situs dunia pembangkit listrik, disebutkan bahwa fungsi utama dari terminal blok ini adalah untuk menghubungkan dan juga mengisolasi. Komponen listrik ini dapat digunakan untuk menghubungkan satu komponen listrik dengan komponen tambahan lainnya.

Selain  itu, terminal blok juga berfungsi sebagai pengaman ketika terjadi arus pendek alias konslet, sehingga arus listrik tersebut akan terhenti di terminal blok dan tidak merusak komponen yang terhubung dengannya (komponen outgoing).

Dalam pembuatan rangkaian listrik atau instalasi, penggunaan terminal blok sendiri dapat membantu menghemat pemakain kabel. Sehingga kabel yang digunakan tidak terlalu banyak atau panjang.

Beberapa Tipe Terminal Blok Yang Tersedia di Pasaran

Terminal blok telah menjadi salah satu komponen kelistrikan yang sangat mudah untuk ditemukan. Saat ini sendiri, terdapat banyak tipe terminal blok yang beredar di pasaran. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Merk WAGO Connector

Wago adalah salah satu merek atau brand komponen kelistrikan yang sangat populer saat ini. Brand ini telah banyak merilis produk komponen kelistrikan, salah satunya adalah WAGO Connector. 

Terminal blok ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan kabel . Salah satu keunggulan dari produk Wago ini adalah pada kehadiran teknologi push lever cage yang membuat pemasangan nya menjadi lebih cepat dan aman. Anda dapat membeli produk terminal blok ini langsung di beberapa situs distributor Wago seperti PT.Helix Elektrindo.

Tipe Block Pitch 7.62 2 Pole

Tipe terminal blok lainnya yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di pasaran adalah BLOCK PITCH 7.62 2 POLE. Tipe terminal blok ini umumnya digunakan untuk menghubungkan printed circuit board (PCB). BLOCK PITCH 7.62 2 POLE ini sendiri biasanya memiliki warna hijau atau hitam.

Tipe Ukuran pitch 5mm

Seperti namanya, terminal blok ini memiliki pitch yang berukuran 5 mm. Jika anda menginginkan pengelolaan kabel yang baik pada instalasi atau rangkaian listrik yang anda rakit, maka terminal blok ini dapat menjadi pilihan anda.

TB-2506 Tab

TB-2506 Tab juga termasuk ke dalam salah satu tipe terminal yang saat ini banyak beredar di pasaran dan digunakan dalam pembuatan rangkaian listrik. Komponen kelistrikan yang satu ini memiliki ukuran 90mm x 30mm x 19 mm dengan jumlah 6 kutub.

TB-2506 Tab sendiri diketahui dapat menghubungkan beberapa kabel berarus listrik 25 A dengan tegangan 600 Volt. Terminal TB-2506 Tab ini biasanya digunakan pada box panel dan dipasang dengan mekanisme baut.

Sebenarnya masih banyak tipe terminal blok yang terdapat dipasaran, anda menelusurinya sendiri di beberapa situs distributor wago atau komponen listrik.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai apa dan fungsi terminal blok ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari blog kami ya. Terima kasih.