Akibat Judi Banyak Istri Gugat Cerai Suami Di Baubau Sultra

Sepanjang 2018, pengadilan agama di Baubau di provinsi tenggara dari Sulawesi (Sultra) telah menerima 738 kasus atau menurun dibandingkan dengan 2017, yang 800 kasus.

Seorang hakim Pengadilan Agama Baubau Mansyur menjelaskan dalam pesan WhatsApp terdapat 550 kasus perceraian, di mana 386 diantaranya adalah perceraian oleh perempuan dan 164 perceraian atau perceraian dengan laki-laki.

maxxqq

“Jumlah kasus yang dirujuk Kementerian Pertahanan Kota Baubau semakin menurun karena total kasus yang ditangani pada 2017 sebanyak 800 kasus, dan 670 kasus merupakan kasus perceraian,” kata Mansyur usai mengutip Antara, Minggu (6/1/2019).

Ia menambahkan, dari tahun ke tahun, jumlah perceraian tertinggi terjadi pada perempuan.

Dia mengatakan tingkat perceraian untuk PA Kota Baubau sangat tinggi karena pengadilan diawasi dua kabupaten lainnya, seperti Bombana dan Wakatobi.

Mansur menyampaikan kepada partai atas dasar laporan yang akan diterima sejumlah faktor penyebab perceraian, di antaranya perselisihan yang sedang berlangsung dan perkelahian 209 kasus, masalah keuangan, kegagalan salah satu pihak, kekerasan dalam rumah tangga, perjudian dan faktor alkohol yang mempengaruhi mabuk.

Baca juga: Obyek Wisata Terbaru, Tempat Pemakaman San Diego Hills

Pasangan nikah rata-rata masih muda, dan partainya juga terpaksa menikah karena hamil di luar nikah, kata Mansyur.

Ia juga berharap di era globalisasi sekarang ini, para orang tua lebih berperan aktif dalam melindungi anak-anaknya agar tidak putus asa, agar tidak melakukan hubungan ilegal sebelum menikah.

Sumber: news.detik.com