Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Roadtrip


Travelling dengan pesawat, bis, ataupun kereta mungkin sudah biasa dilakukan, namun pernahkah kalian terpikir untuk melakukan roadtrip? Ini adalah salah satu cara untuk travelling yang terbilang sangat mengesankan walaupun mencapekkan badan. Roadtrip adalah kegiatan travelling dimana kalian mengemudi sendiri dalam rute yang kalian tentukan ke destinasi yang kalian inginkan. 


Seluruh perjalanan yang kalian lakukan dapat kalian atur sendiri sesuai dengan keinginan tanpa adanya campur tangan orang lain. Travelling dengan cara ini juga lebih seru karena kalian bisa lebih menikmati dan mengeksplorasi jalan dari awal hingga akhir sambil menikmati perjalanan. Roadtrip juga salah satu alternatif paling seru jika kalian travelling dengan teman ataupun keluarga, karena kalian bisa sepenuhnya menikmati setiap titik dari destinasi. Nah, terdengar menarik bukan? Untuk kalian yang tidak tahu ingin memulai darimana dalam perencanaan roadtrip kalian, yuk simak artikel berikut untuk mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum roadtrip.

Sebuah Kendaraan

Namanya juga roadtrip, tidak mungkin juga kalian melakukannya tanpa sebuah kendaran yang akan kalian kemudikan di road. Pilihan pertama yang langsung terlintas adalah kendaraan pribadi. Bisa mobil ataupun sepeda motor, tetapi kami lebih menyarankan menggunakan mobil dikarenakan akan lebih nyaman dalam perjalanan jauh karena tidak kenak angin ataupun abu-abu jalanan yang pasti kalian temui dengan banyaknya kendaraan yang ikut melintas. Kendaraan pribadi juga lebih aman dan nyaman karena kalian sudah mengenal kendaraannya dan tidak perlu ribet sana-sini untuk mencari kendaraan. 

Kami sarankan, jika kalian menggunakan kendaraan pribadi maka sebaiknya di-servis dulu dan dipersiapkan secara matang. Cek setiap bagian seperti rem, kursi, ac, agar diperjalanan tidak ada kendala teknis mobil. Kalian dapat berdikusi dengan dealer servis kalian untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, namun ingat untuk mempersiapkan dengan baik!
Jika kalian tidak memiliki kendaraan pribadi kalian dapat menyewa kendaraan. Salah satu pilihan yang mungkin sudah terlintas adalah untuk menyewa sebuah mobil. Kami setuju, ini adalah salah satu alternatif yang hampir sama dengan menggunakan kendaraan sendiri dan persiapannya juga sama. Pastikan bahwa mobil yang disewa sepenuhnya layak pakai dan sudah dicek dulu segala seluk-beluknya agar aman dipakai. 

Tetapi, jikalau kalian ingin sesuatu yang lebih ekstra dan menarik, kami punya alternatif lain, yaitu sewa elf atau hiace. Nah, jika kalian seperti aku dan tidak mengetahui apa itu hiace atau elf, ia adalh kendaraan yang bisa dibilang seperti mini-bus. Kendaraan tipe ini lebih luas dan banyak ruangan, cocok untuk kalian yang ingin bertamasya dengan banyak anggota keluarga atau teman. Hiace atau elf juga berguna jika kalian lebih suka memiliki banyak ruangan untuk barang-barang yang akan kalian bawa dan ruangan untuk bergerak. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin melakukan roadtrip dalam jangka waktu yang panjang.

Teman Roadtrip

Walau kalian dapat melakukan roadtrip sendirian, tapi tidakkah lebih seru membagi memori dengan orang lain? Maka dari itu menurut kami, kalian perlu memiliki teman roadtrip yang pas untuk kalian. Yang paling pertama adalah mereka adalah orang-orang yang kalian nyaman berhari-hari menghabiskan bersama. Usahakan mereka juga adalah orang-orang yang kalian bisa mencari banyak topik untuk diomongkan juga karena  kebanyakan dari rooadtrip adalah menikmati suasana ketika dalam perjalanan ke destinasi. 

Diperlukan chemistry diantara kalian dan orang yang menjadi teman perjalanan kalian. Selain itu, usahakan teman roadtrip kalian juga pandai mengendarai mobil, apalagi dalam perjalanan yang panjang. Mengemudikan mobil dalam jangka waktu yang panjang akan membuat kalian terasa pegal, dan jika tidak ada yang menggantikan, maka yang ada kalian tidak akan menikmati perjalanan dan malah fokus dengan ketidaknyamanan yang ada. Maka dari itu, cari teman-teman yang dapat ikut dalam memikul susahnya mengemudikan mobil dengan kalian, tetapi juga yang bisa membuat suasana cair dan tertawa kembali!

Rute Yang Jelas

Jaman yang berkembang memungkinkan kita untuk bereksplorasi ke berbagai wilayah dengan banyak jalan yang bisa dilewati. Dengan mengingat hal itu, maka perlu ada planning terlebih dahulu untuk jalur mana yang akan diambil. Jika kalian ingin jalanan yang lebih cepat dan kebetulan memiliki budget yang cukup banyak, maka kalian dapat memilih rute yang lebih banyak jalan tol agar cepat mencapai tujuan. 

Akan tetapi, jika kalian ingin mengeksplorasi tempat-tempat yang akan dilewati maka kalian dapat memilih rute yang lebih banyak desanya dan pemandangan. Apa yang akan kalian lihat dan lewati tergantung dengan pilihan rute kalian sendiri, maka dari itu ketika merencanakan perjalanan pikirkanlah apa yang ingin kalian dapatkan dari roadtrip tersebut dan hal-hal yang menjadi prioritas. Maka dari itu, kalian tidak akan kurang puas dengan rute yang ada.

Yang tak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan tempat-tempat perhentian. Hal-hal ini seperti tempat pengisian bensin, makan, beristirahat, dan lain-lain. Karena kecanggihan yang ada sekarang maka kalian dapat mempertimbangkan kira-kira berapa jam dari tempat satu ke yang lain agar memudahkan time management serta mengerti hal-hal yang perlu dilakukan pada saat-saat yang diperlukan. Hal ini seperti mengingat kapan mengisi bensin dengan perkiraan waktu yang diperlukan bagi kendaraan. Serta perkiraan jam makan dan lain-lain. Dengan begitu kalian dapat mempergunakan waktu dengan baik dan tidak lama-kelamaan  dijalan mecari tempat ataupun bingung mau kemana dahulu.

Snacks dan Playlist!

Tampaknya sepele, tetapi hal-hal seperti akan terasa sangat membantu ketika dalam perjalanan, apalagi perjalanan yang panjang. Yang pertama adalah playlist, kalian harus memiliki playlist lagu yang enak didengar berulang kali! Jika memungkinkan untuk memiliki lebih dari satu playlist maka akan lebih baik agar kalian tidak bosan mendengar lagu yang itu-itu saja di dalam mobil ketika ke tujuan. Tentu selalu ada pilihan untuk mendengar mix lagu dari radio, namun playlist yang lebih personal dapat membuat perjalanan terasa lebih intim dan enjoyable dikarenakan playlist yang kalian miliki sudah pasti sesuai dengan selera musik kalian secara spesifik.

Yang kedua adalah snacks! Mungkin tampak seperti sesuatu yang tidak begitu penting, namun tidakkah lebih baik untuk mempersiapkan terlebih dahulu daripada harus berhenti melulu diberbagai tempat. Snacks adalah sesuatu yang bisa dijamin sebagai penghilang bosan ketika di perjalanan dan juga sebagai bonding time bagi orang-orang di dalam mobil. Snacks juga dapat memuaskan dahaga dan rasa lapar yang bis tiba-tiba muncul ditengah jalan. Snacks uga sangat essensial di perjalanan yang kebanyakan melewati hutan dan pegunungan yang tidak banyak toko-toko yang menjual makanan di sekitarnya. Intinya, tidak ada yang salah dengan membeli snacks, karena pasti hanya akan membawa keceriaan.

Selain dari semua itu, seperti biasa pasti membawa bagasi serta hal-hal yang lain seperti biasa. Namun perlu diingat, banyak hal yang bisa terjadi ketika dalam roadtrip, namun disitulah keajaiban roadtrip itu sendiri. Selamat travelling!